Perbedaan Batuk Biasa dan Batuk Karena Gejala Corona

Sejumlah gejala sudah bisa di jadikan acuan seseorang terinfeksi virus covid-19. Orang yang terinfeksi virus covid-19 memiliki gejala dengan flu biasa, seperti demam, batuk-batuk dan pilek. Batuk dan pilek yang terjadi pada penderita Covid-19 sama-sama terjadi di waktu yang sering, sepanjang mereka sakit. Dari mulai batuk ringan hingga sedang.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dalam artikel Business Insider, penderita batuk biasa akan sembuh dalam waktu yang relatif singkat, bisa kurang dari dua minggu. Batuk pada penderita flu biasanya disertai dengan pilek dan bersin-bersin. Sedangkan, penderita Covid-19 tidak mengalami itu.

Covid-19

Dr Sarah Jarvis menjelaskan, batuk merupakan ciri dari gejala terinfeksi virus corona jenis baru yang sudah bisa diketahui. Dilansir dari The Sun, Senin(23/3/2020), Direktur Klinis dari Patientaccess.com, Batuk yang menandakan mengindikasikan seseorang menderita Covid-19 adalah:

Batuk kering yang terjadi terus menerus

Setidaknya dalam setengah hari, batuk kering sering terjadi. Batuk ini akan sering terjadi, tidak akan hilang walaupun berdehem. Batuk ini adalah sesuatu yang baru dirasakan oleh penderitanya. Artinya, bukan batuk seperti yang biasa dirasakan, misalnya karena seseorang terbiasa merokok kemudian sering batuk, dan sebagainya.

Batuk kering tidak berdahak

Batuk kering lebih bisa di kategorikan gejala covid-19 daripada batuk berdahak, meskipun tidak 100 persen penderita batuk kering terinfeksi covid-19. Disebutkan, 67,7 persen pasien yang terkonfirmasi sebagai penderita Covid-19 menunjukkan gejala batuk kering ini, sehingga tak jarang disebut sebagai gejala kunci.

Oleh karena itu, Anda yang mengalami batuk kering seperti ini disarankan untuk melakukan isolasi diri secara mandiri dan selalu memakai masker sebagai langkah preventif menularkan virus ke orang lain.

Artikel Terbaru