Kenali Gejala Covid-19 Sejak Dini

Penyeberan virus covid-19 sangat signifikan, hingga per tanggl 15 April 2020 jumlah pasien PDP/ODP menunjukan angka yang cukup besar. Pemerintah pusat hingga memberikan himbauan-himbauan preventif untuk masyarakat, dari Pembatasan Sosial Berskala Bersar (PSBB), Work From Home (WFH), atau larangan untuk mudik.

Gejala covid-19 biasanya terjadi dari gejala yang ringan, setelah itu tergantung dari sistim imun penderita. Oleh karena gejala yang muncul bisa bervariasi, kita perlu mengetahui apa saja gejala awal yang mungkin terjadi pada penyakit ini untuk meningkatkan kewaspadaan.

Beberapa Gejala Infeksi Virus Corona

Gejala infkesi virus Corona bisa muncul dalam waktu 2–14 hari setelah terinfeksi virus Corona, tetapi kebanyakan penderita COVID-19 merasakan gejala setelah 11–12 hari.

Gejala yang terjadi di minggu pertama biasanya ringan. Berikut ini adalah gejala COVID-19 yang biasanya muncul di minggu pertama:


• Demam ?380 C
• Kelelahan atau lemas
• Batuk kering
• Pegal-pegal
• Tidak nafsu makan

Sesak napas bisa saja muncul di akhir minggu pertama, tetapi umumnya sesak napas mulai dirasakan mengganggu di minggu kedua.

Siapa yang Berisiko Mengalami Infeksi Virus Corona?

Sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia, ada 2 kriteria orang yang berisiko mengalami infeksi virus Corona, yaitu:


• - Pernah kontak dengan pasien positif COVID-19, yaitu berada dalam satu ruangan yang sama atau berjarak 1 meter dengan penderita, dalam 14 hari terakhir
• - Pernah berada di daerah endemis COVID-19, baik di dalam maupun di luar negeri, dalam 14 hari terakhir

Jika anda memenuhi dua kriteria di atas, segera hubungi covid centre di daerah wilayah anda, hindari langsung datang ke rumah sakit karena anda bisa menyebar luaskan lagi.

Tetap di rumah saja, jikalau ada kepentingan yang mendesak, wajib gunakan masker. Semoga pandemi ini segera berakhir, Aamin

Artikel Terbaru