Awas! Handphone Kamu Sudah Aman dari Blokir IMEI Belum?

Pemerintah dan operator seluler diketahui menguji cobakan blokir IMEI pada hari ini (18/2/2020). Aturan ini sejatinya akan berlaku penuh pada 18 April 2020. Uji coba ini bertujuan untuk menilai kemampuan dan kesiapan operator dalam mengoperasikan sistem pengendalian perangkat seluler melalui IMEI.

Mohchammad Hadiyana menambahkan dalam uji coba ini dilakukan dengan menggunakan dummy sampel. Jadi tidak ada ponsel ilegal yang akan diblokir. Pasalnya, aturan IMEI akan berlaku penuh pada 18 April 2020. "Jadi tidak menjadikan perangkat yang sudah digunakan oleh masyarakat pengguna sebagai benda uji," jelasnya.

Untuk mengecek IMEI ponsel di situs https://imei.kemenperin.go.id. Lantas bagaimana nasib ponsel yang tak terdaftar? Tenang. Ponsel milik kamu tidak akan diblokir karena aturan ini berlaku setelah aturan IMEI diterapkan.

Artinya, ponsel black market atau ilegal yang sudah digunakan atau aktif digunakan tidak akan mengalami masalah atau bisa digunakan seperti biasanya. Namun, bagi mereka yang membeli ponsel yang IMEI tak terdaftar di Kemenperin setelah aturan berlaku maka jaringan ponsel akan diblokir operator seluler. Ponsel hanya bisa digunakan di foto. Ponsel bisa digunakan secara normal di negara yang tidak menerapkan aturan blokir IMEI.

Artikel Terbaru