• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Cara Mencerahkan Ruangan Gelap – Ruangan tanpa jendela sangat rentan sekali kekurangan cahaya, sehingga mengakibatkan nuansa suram dan gelap pada ruangan tersebut.

Perencanaan awal saat membangun rumah memang mutlak dibutuhkan agar bisa mengatur sumber cahaya yang masuk pada tiap ruangan.

Lain halnya jika Anda tidak ikut serta dalam perencanaan pembangunan rumah dari awal. Seperti membeli rumah jadi, yang mungkin saja memiliki ruangan dengan pencahayaan yang kurang.

Langkah terbaiknya adalah merenovasi ruangan Anda dengan memberi jendela, akan tetapi cara tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Lantas bagaimana caranya mencerahkan ruangan gelap di dalam rumah tanpa harus melakukan renovasi?

Berikut adalah tips singkat yang bisa Anda ikuti untuk mencerahkan ruangan gelap di dalam rumah

Gunakan Perabot Berwarna Cerah

Cara paling mudah adalah memasukkan perabot rumah seperti furniture yang berwarna cerah seperti putih dan kuning.

Anda bisa memasukkan sofa panjang, lemari, meja yang berwarna cerah pada ruangan yang kekurangan cahaya dan tampak suram tersebut.

Pantulan warna dari perabot rumah tersebut diharapkan mampu memberi kesan cerah pada ruangan yang gelap.

Memilih Warna Cat Yang Cerah

Memadukan warna cat dinding berwarna cerah yang digunakan cukup efektif untuk mengurangi ruangan yang tampak suram dan gelap.

Memadukan cat warna cerah pada sudut-sudut ruangan akan menambah kesan cerah meskipun kondisi ruangan kekurangan cahaya.

Jika dibutuhkan konsultasikan pada arsitek atau desainer interior mengenai pemilihan warna cerah yang tepat untuk digunakan.

Memanfaatkan Lampu

Lampu cukup lumrah digunakan untuk memberi cahaya pengganti sinar matahari pada ruangan yang gelap.

Anda bisa memasang lebih dari satu lampu pada ruangan tersebut. Gunakan lampu downligt LED agar pencahayaan dalam ruangan lebih maksimal namun tetap lembut dan hemat listrik.

Tempatkan lampu downlight LED di tengah ruangan dan di sudut sudut ruangan agar cahaya yang dihasilkan lebih merata.

Memasang Cermin

Memasang cermin pada salah satu sisi atau sedut ruangan dapat mengurangi suasana suram dan gelap pada ruangan minim cahaya.

Selain bisa difungsikan untuk berkaca, cermin juga mampu memantulkan cahaya yang didapat dari luar ruangan.

Sehingga dalam ruangan menjadi lebih terang karena cahaya dari luar ruangan yang tertangkap dan dipantulkan kedalam ruangan.

Memasang Lukisan atau Hiasan dinding

Cara mencerahkan ruangan gelap yang lainnya adalah dengan memasang lukisan bertema pemandangan pada dinding ruangan.

Pilihlah lukisan pemandangan berwarna cerah atau lukisan abstrak berwarna terang agar ruangan tampak lebih terang.

Selain lukisan Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding berwarna terang seperti yang terbuat dari marmer atau kayu.

Itulah beberapa tips cara mencerahkan ruangan gelap yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Semoga bermanfaat jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain kesempatan yang Anda miliki.

Untuk informasi rumah dijual di Malang Anda bisa klik langsung halaman resmi Starproperti di URL https://starproperti.com promo rumah dijual di daerah Malang bisa Anda akses di URL https://starproperti.com/promo atau untuk informasi yang lebih cepat hubungi Call Center Starproperti di Nomor berikut ini 0811 290 3333

Salam.

Leave a Reply