• Post author:
  • Reading time:2 mins read

Mengenal Kayu Mahoni – Kayu mahoni merupakan kayu yang cukup terkenal di Indonesia. Biasanya kayu mahoni digunakan sebagai material furnitur. Kayu ini kerap ditemui di daerah Pulau Jawa. Teksturnya lebih lunak membuatnya lebih mudah dibentuk.

Namun, jenis kayu ini juga memiliki kekurangan seperti kayu yang lain. Mau tahu apasaja kelebihan dan kekurangan dari kayu mahoni? Simak penjelasan di bawah ini!

Kelebihan

1. Daya Tahan Cukup Lama

Mahoni memiliki kualitas yang hampir sama dengan kayu jati. Kayu ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama. Maka, kayu mahoni coock banget digunakan sebagai material pembuatan perabotan rumah. Sifat mahoni ini hanya coock untuk ruangan indoor dan tidak cocok untuk pemakaian di ruang outdoor.

2. Serat Halus

Mahoni memiliki serat batang yang halus. Dengan begitu, akan membuat furnitur yang menggunakan material ini akan lebih cantik dan terkesan makin alami. Jadi, tak heran jika kayu ini memerlukan banyak finishing. Sebab, finishing yang tepat akan membuat kayu ini tambah cantik.

3. Harga Terjangkau

Harga kayu mahoni jauh lebih terjangkau dibandingkan kayu jati. Anda bisa menggunakan kayu mahoni untuk furnitur di rumah. Apalagi kayu ini memiliki daya tahan yang cukup lama. Jadi, Anda bisa memilih kayu ini sebagai pengganti kayu jati.

4. Tidak Mudah Menyusut

Kayu mahoni tidak mudah mengalami penyusutan, jadi daya tahan penampang kayu cukup stabil. Kelebihan inilah yang membuat kayu mahoni laris dipasaran. Biasanya kayu mahoni juga digunakan sebagai bahan pembuatan alat musik seperti gitar. Sebab, tidak mudah menyusut.

Kekurangan

1. Kerap Diserang Hama

Kayu ini kerap menjadi inceran para hama. Jadi, akan kesulitan untuk mendapatkan kayu mahoni dengan kematangan yang pas. Padahal, apabila usia pohon mahoni mencapai puluhan tahun, maka kualitas kayu akan semakin bagus.

2. Pengeringan Cukup Lama

Ciri mahoni juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengeringannya. Inilah yang membuat kualitas kayu mahoni lebih rendah dibandingkan kayu jati. Apabila Anda ingin menggunakan kayu mahoni, gunakanlah yang benar-benar kering agar awet.

3. Tidak Cocok untuk Outdoor

Kayu mahoni tidak cocok digunakan sebagai material furnitur outdoor. Sebab, mudah sekali muncul jamur apabila digunakan pada luar ruangan. Apalagi, berada diruangan yang lembab, pasti jamur akan muncul lebih cepat.

Demikianlah artikel mengenai mengenal kayu mahoni. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply