• Post author:
  • Reading time:2 mins read

Mengenal Sumur Bor – Air merupakan kebutuhan yang tidak bisa lepas dari manusia. Manusia mungkin bisa menahan lapar beberapa hari tapi tidak dengan haus. Oleh karenanya manusia tidak bisa lepas dengan air. Air merupakan kebutuhan sehari-hari manusia. Banyak cara untuk mendapatkan air salah satunya adalah dengan mengebor sumur.

Kali ini kita akan membahas pengertian sumur bor, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya. Simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian sumur bor

Menurut wikipedia Sumur bor adalah Sebuah sumur tradisional biasanya berupa lubang yang agak besar dengan cara digali dan diberi tembok bulat pinggirnya. Untuk Pengambilan air dengan cara ditimba dengan sebuah ember ada juga yang memakai Pompa tenaga listrik.

Sumur-sumur modern, terutama di Indonesia di daerah perkotaan, biasanya kecil dan hanya sebesar pipa paralon saja disebut Sumur Bor karena pembuatannya menggunakan Bor. Airnya disedot dengan sebuah peranti listrik yang sering disebut dengan nama pompa air.

Cara kerja

Lalu untuk cara kerjanya sendiri pengeboran terbagi jadi 2 cara yaitu dengan mesin dan manual.

Untuk cara dengan mesin biasanya dilakukan oleh orang yang ahli. Proses pengeboran dilakukan dengan menggunakan mesin yang canggih untuk mengebor air.

Sedangkan untuk cara manual biasanya menggunakan alat-alat sederhana seperti cangkul. kemudian tanah digali hingga muncul sumber air.

Kelebihan dan Kekurangan

Kemudian untuk kelebihan sumur bor Anda bisa mendapatkan air bersih tanpa mengeluarkan biaya tambahan perbulannya. Selain itu, airnya juga terjamin bersih dan tidak tercemar.

Sedangkan kekurangannya adalah perlunya biaya listrik untuk menghasilkan air terlebih lagi disaat mati listrik, pompa air tidak akan bisa memompa air sehingga air tidak bisa dihasilkan. Anda juga harus melakukan penghematan air agar menghemat biaya listrik.

Tips Menggali Sumur Bor

Anda juga harus mengetahui tips menggali sumur bor, berikut ini tips dari kami:

  • Ketahuilah biaya terkait pengerjaan penggalian air tanah sumur bor di pasaran sekitar Anda
  • Tentukan kedalaman dari sumur bor dengan memperhatikan kondisi lingkungan
  • Mengetahui kondisi tanah untuk mendapatkan air yang berkualitas baik

Demikianlah artikel mengenal sumur bor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply