• Post author:
  • Reading time:2 mins read

Indonesia memiliki berbagai jenis kopi terbaik. Jadi, tak heran jika semakin hari semakin banyak yang membuka kedai kopi di berbagai daerah. Sebab, banyaknya orang yang menyukai kopi.

Indonesia diklaim menjadi negara penghasil kopi terbesar urutan ke 4. Wah, menarik sekali, ya? Ada berbagai jenis kopi terbaik yang perlu Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya, simak hingga selesai ya!

Arabika Gayo Aceh

Arabika gayo ini memiliki tekstur yang encer dan tidak terlalu pekat dengan cita rasa yang pas. Kopi Arabika ini cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan rasa asam. Warna seduhannya tidak terlalu pekat, jadi tidak terlalu pait.

Cara menyajikannya adalah di rebus dalam panci sampai mendidih, lalu disajikan ke dalam gelas yang telah diberi gula dan susu. Unik, ya! Para pecinta kopi non asam pasti menyukai jenis kopi ini!

Kopi Arabika Toraja

Kopi ini berasal dari Sulawesi Selatan. Arabika Toraja ini berasa pahit pada saat di teguk dan akan hilang setelahnya. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah. Bahkan kopi Arabika Toraja ini sudah diekspor ke Amerika dan juga Jepang.

Arabika toraja ini memiliki cita rasa kayu manis atau kapulaga. Bahkan, ada sebuah perusahaan di Jepang yang menjadikan kopi toraja minuman premiumnya.

Robusta Temanggung

Robusta Temanggung ini mempunyai ciri khas yang berbeda dari yang lain, juga mempunyai aroma tembakau dengan dominasi rasa pahit.

Namun rasa pahit itu itulah yang menjadikan kopi ini banyak digemari. Pada saat ini pun negara indonesia sudah mengekspor kopi jenis ini ke beberapa negara seperti negara Amerika, negara-negara kawasan timur tengah dan juga Eropa.

Kopi Arabika Flores Bajawa

Berasal dari Flores yang ditanam dalam ketinggian 1.000-1.550 meter di atas permukaan laut (mdpl). Arabika Flores ini mempunyai ciri khas kekentalan yang cukup pekat dengan tingkat keasaman yang cukup rendah. Selain itu, berasa nutty atau kacang-kacangan serta caramel. Bahkan kopi ini sudah diekspor ke negara Amerika.

Demikianlah jenis kopi terbaik di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply