• Post author:
  • Reading time:2 mins read

Cara Penjernihan Air – Saat ini ketersediaan air bersih semakin berkurang. Hal ini telah terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Untuk bisa mendapatkan air bersih, mereka harus membeli air. Tentunya hal ini akan membuat pengeluaran semakin meningkat.

Sebenarnya, kita bisa melakukan cara penjernihan air sendiri. Air ini jauh lebih sehat dan aman untuk kesehatan. Nah, simak ulasan cara penjernihan air berikut ini !

1.Merebus Air

Air yang sudah disaring tidak bisa langsung diminum. Anda harus merebusnya terlebih dahulu. Rebuslah sampai mendidih, maka bakteri yang ada di air tersebut akan mati. Proses ini tidak akan mempengaruhi kandungan mineral, benda solid dan metal yang ada didalamnya.

2.Penyulingan

Untuk membuat penyulingan sederhana siapkan beberapa bahan berikut ini:

  1. Pemanas air
  2. Selang
  3. Wadah besar

Proses:

  1. Rebuslah air dengan suhu konstan hingga muncul uap
  2. Uap tersebut akan tersalur melalui selang ke dalam wadah yang sudah disediakan
  3. Air uap pada wadah inilah yang bisa dikonsumsi

Proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, sangat ampuh dalma membunuh bakteri jahat yang ada di dalam air sebelumnya.

3.Penjernihan Kimia

Penjernihan ini biasanya untuk air yang ada di dalam tangki atau sumur. Bahan yang digunakan adalah ozon, kuprisulfat, klor dan Ca(OCI)2 atau kaporit. Kaporit ini juga biasa digunakan oleh PDAM untuk menjernihkan air yang disalurkan ke masyarakat untuk pasokan air bersih.

4.Tablet Klorin

Penjernihan air juga bisa menggunakan tablet klorin atau halazone. Harga tablet ini memang cukup mahal, namun sangat ampuh untuk menjernihkan air. Namun, air yang dijernihkan tidak terlalu banyak.

5.Penggunaan Teknologi Tinggi

Air yang dijernihkan menggunakan teknologi ini melibatkan sinar ultraviolet. Air penjernihan teknologi ini disebut NEWater. Air ini dijamin kemurniannya dan pastinya Aman dan tidak berasa.

6.Pulpen UV

Sinar UV biasa digunakan untuk penjernihan air baik untuk rumahan atau industrial.  Penjernihan air menggunakan sinar UV juga bisa menggunakan alat pulpen UV. Alat ini mudah digunakan. Dengan cara mencelupkan pulpen ke dalam air, kemudian tunggu hingga beberapa saat. Maka, air tersebut akan bersih dan bebas bakteri.

Demikianlah cara menjernihkan air untuk rumahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply