• Post author:
  • Reading time:3 mins read
Jenis Tanaman Rambat – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah minimalis Anda semakin menawan. Salah satunya dengan menanam jenis tanaman rambat sebagai penghias eksterior, baik itu di pagar rumah, dinding, maupun kanopi. Tak hanya untuk dekorasi outdoor, tanaman rambat juga dijadikan sebagai dekorasi indoor.
Tersedia berbagai jenis, baik jenis yang berbunga atau pun tidak. Anda bisa mendapatkannya di pasar bunga terdekat dan pastinya ramah di kantong. Nah, agar Anda tidak salah pilih jenis tanaman rambat seperti apa yang cocok untuk Anda, simak jenis tanaman rambat berikut ini!

1. Tanaman Daun Jawa

Tanaman satu ini mudah ditemui di toko tanaman dan memiliki banyak manfaat. Mulai dari obat untuk ambeien, diare, hingga mampu menetralisir radikal bebas karena memiliki kandungan flavonoid dan juga polyphenol. Tanaman ini bisa Anda taman di pot atau langsung di tanah. Pastikan siapkan tempat untuk merambatnya ya!

2. Morning Glory

Bunga yang memiliki ribuan variasi warna ini merupakan tanaman merambat yang cukup populer. Sesuai namanya, bunga ini hanya mekar di pagi hari danberumur pendek, umurnya kurang dari 1 tahun. Anda bisa menanamnya langsung di tanah, agar lebih rapi lagi sediakan tempat untuk merambatnya

3. Eceng gondok 

Tanaman satu ini cocok banget untuk Anda yang punya kolam ikan di rumah. Selain untuk memperindah kolam, ternyata tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjernihkan air kolam. Tanaman eceng gondok tumbuh dengan cepat jadi pastikan Anda mengangkat eceng gondok dari kolam jika sudah terlalu besar, agar suplai oksigen di kolam ikan juga tidak terganggu.

4. Bugenvil/kembang kertas

Bunga bugenvil adalah tanaman rambat hias yang  populer di Indonesia. Perawatan yang mudah dan tidak perlu disiram tiap hari membuatnya menjadi favorit banyak orang. Warnanya pun cantik-cantik seperti kuning, pink, dan ungu. Namun, Anda perlu merapikan tanaman ini jika mulai merambat panjang agar tidak mengganggu area lainnya.

5. Flame of Irian

Dikenal juga sebagai kuku macan, tanaman ini berasal dari Irian dengan warna oranye yang sangat cerah seperti api. Tanaman rambat yang lebat ini sangat cantik dipasang di pergola atau kanopi Anda. Selain sebagai penghias taman, tanaman ini juga bisa dijadikan peneduh kendaraan pribadi kita, lho.

Demikianlah beberapa jenis tanaman rambat yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply