• Post author:
  • Reading time:2 mins read

Jenis Rumput Hias – Untuk menciptakan taman yang indah, kita harus memikirkan desain dan pemilihan jenis tanaman hias atau rumput taman. Jenis rumput yang tepat sangat berpengaruh dalam menciptakan taman cantik dan segar.

Banyak sekali jenis rumput hias taman yang bisa kamu pilih. Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

1. Rumput Teki

Rumput teki bisa beradaptasi di segala kondisi tanah, baik kering maupun basah seperti di pinggiran sungai, kanal, dan persawahan. Dapat tumbuh tinggi hingga 140 cm. Rumput ini dianggap sebagai rumput liar, namun cocok sekali untuk penghias di taman. Daun dan batang yang panjang bisa menjadi sentuhan menarik jika dipadukan dengan rumput-rumput kecil di sekitarnya.

2. Rumput Jepang

Rumput Jepang memiliki bentuk yang meruncing, kurus, dan tipis sehingga akan terasa menusuk jika diduduki. Jenis rumput ini tumbuh dengan rapi dan rapat. Pertumbuhannya yang rambat membuat kita tidak susah payah memotongnya terlalu sering. Namun Anda perlu rutin menyiram dan memberi pupuk agar rumput ini tidak menguning.

3. Rumput Swiss

Rumput Swiss adalah jenis rumput yang memiliki tekstur paling halus. Jenis rumput ini rapi, dan dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda. Namun, Anda harus siap melakukan perawatan ekstra. Mulai dari pemangkasan rumput minimal sebulan sekali, pemberian pupuk, sampai pencahayaan minimal 80 persen. Usaha yang dilakukan ini tidak akan sia-sia, sebab dapat membuat rumput tumbuh sehat dan indah. Selain itu, harga rumput ini tidak mahal, lho.

4. Rumput Babat

Rumput ini kerap dipakai untuk melapisi lapangan golf. Memiliki helaian kecil dan pendek, mampu tumbuh dengan cepat, namun perlu dipangkas dua minggu sekali. Rumput ini membutuhkan pencahayaan matahari sebanyak 100 persen agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangan lupa untuk di siram ya, kurangi penyiraman pada musim hujan!

5. Rumput Gajah Mini

Terkahir ada rumput gajah mini. Karakteristiknya memiliki ukuran yang lebih kecil dari rumpuh gajah besar. Rumput ini tumbuh tidak terlalu cepat dengan pola pertumbuhan merayap ke samping. Keunggulannya dapat tumbuh dengan pencahayaan matahari 50%, hanya memerlukan sedikit pupuk, dan tahan terhadap injakan kaki manusia. Maka, rumput ini cocok untuk taman dan tempat bermain anak-anak.

Demikianlah jenis rumput hias yang bisa Anda pilih dan gunakan pada halaman rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply