• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Manfaat kayu bajakah – Anda mungkin pernah mendengar viralnya tanaman bajakah sebagai obat antikanker. Kendati memang mungkin masih banyak yang mempertanyakan dan membutuhkan penelitian lebih dalam soal itu.

Bajakah adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat suku Dayak untuk menyebut tumbuhan merambat yang hidup liar di hutan dengan bentuk batang pohon tunggal berwarna cokelat. Kayu bajakah ada di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. Akar Bajakah termasuk kedalam genus Spatholobus littoralis Hassk.

Tanaman bajakah juga merupakan tanaman merambat pada pohon kayu Karl dari suku Phaseolea.  Bajakah memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan sebanyak 29 spesies yang tumbuh di hutan tropis Indonesia. Bajakah termasuk dalam kategori genus Spatholobus yang pertama kali ditemukan pada tahun 1842 oleh ahli botani bersal dari Jerman yaitu Justus Karl Hasskarl.

Masyarakat dayak sejak dahulu menggunakan tumbuhan akar bajakah sebagai obat untuk mengembalikan stamina saat beraktivitas di hutan, juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penasaran apasaja manfaat lainnya? Simak ulasan di bawah ini!

1. Cegah Penuaan Dini

Manfaat ini bisa didapatkan dari Bajakah Kalalawit. Sebab katanya tanaman ini mengandung phenol dan antibacterial. Ekstraknya mengandung katekin tinggi untuk mencegah penyakit jantung, obesitas, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa catechin juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Sebagai Obat Kanker

Aktivitas antioksidan tanaman akar bajakah ini memiliki kategori sangat kuat, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E, dan sebanding dengan aktivitas antioksidan kayu secang. Kadar flavonoid, akar bajakah merah maupun putih, baik dibagian kulit maupun di batang kayunya memiliki kadar yang cukup tinggi.

3. Bersifat Sebagai Antibakteri

Berdasarkan penelitian, kayu bajakah ternyata bersifat sebagai antibakteri alami. Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa kayu bajakah mengandung flavonoid, saponin, dan tanin yang yang mampu menghadang hingga menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Maka, kayu bajakah memiliki potensi besar untuk menangani berbagai penyakit infeksi.

4. Menangkal Radikal Bebas

Ahlinya menangkal radikal bebas merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang berlebih, ini sumber penyakit.

Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh ini berasal dari kandungan senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan sangat kuat. Kandungan inilah yang dinilai dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi manfaat kayu bajakah untuk kesehatan.

5.Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang penyebab utamanya adalah kadar gula darah yang tinggi pada tubuh dan dapat mengganggu organ tubuh lainnya. Diabetes dapat berakibat fatal jika tidak segera mengobatinya. Anda dapat mencegah penyakit berbahaya satu ini menggunakan akar bajakah. Cobalah mengonsumsi air rebusan kayu ini menjadi teh herbal secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya, termasuk buat mengobati masalah gula darah.

Demikianlah beberapa manfaat tanaman bajakah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply