• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Pengertian agen properti – Menjadi agen property terpercaya merupakan keinginan semua orang yang berada di dunia property. Tapi, untuk menjadi agen property handal tentunya ada beberapa hal yang harus dikuasai. Seperti memahami mengenai tugas, kewajiban, bahkan kondisi harga pasar dalam berbagai situasi.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak paham dengan agen property. Kali ini kita akan membahas seputar agen property dan syarat menjadi agen property. Simak ulasan berikut ini, ya!

Pengertian Agen Properti

Agen property adalah agen yang bertugas sebagai perantara antara investor atau pembeli dengan penjual. Dengan adanya agen property ini membantu pemilik property menemukan konsumennya dengan mudah. Agen property sendiri dibagi menjadi 2, yaitu agen independent atau perseorangan dan agen naungan perusahaan. Agen perusahaan merupakan agen yang memiliki sertifikat. Jadi, Anda bisa memilih agen dari perusahaan property terpercaya.

Tugas Agen Properti

Berikut ini tugas dari agen property, yaitu:

  1. Memberikan informasi actual mengenai property yang ditawarkan.
  2. Memberikan saran dan solusi kepada pemilik property agar property yang ditawarkan mampu memikat hati konsumennya.
  3. Membandingkan dan menentukan harga yang pas.
  4. Memandu proses transaksi.
  5. Mengelola dokumen penting seperti surat perjanjian sewa atau jual beli.
  6. Melakukan promosi melalui iklan dan layanan listing.
  7. Menunjukkan listing property yang ditawarkan ke konsumen.

Kelebihan Menjadi Agen Properti

Berikut ini kelebihan menjadi agen property, yaitu:

  1. Tidak membutuhkan modal
  2. Bekerja yang tidak terikat oleh waktu
  3. Keuntungan yang di dapat adil dan tinggi
(pinterest)

Syarat menjadi Agen Properti

Inilah Langkah awal menjadi agen property sukses di masa mendatang, yaitu:

1.Dapatkan Izin (Sertifikat)

Sertifikat ini berguna untuk mendapatkan kepercayaan. Ada tiga jenis skema sertifikasi profesi yang diselenggarakan, yakni Broker Properti, Manajemen Broker Properti, dan Manajemen Properti dan Investasi.

  1. Mencari Kantor Agen Properti

Pergilah ke kantor agen property yang memiliki reputasi bagus dan terpercaya. Untuk mengetahui kredibilitas perusahaan yang dituju bisa langsung mengecek ulasan sosial media dan blognya. Kemudian cari tahu apa kantor tersebut membuka lowongan untuk sales.Jika ada, maka Anda bisa melamar di perusahaan tersebut.

3.SIap Anggaran

Siapkan dana sekitar Rp. 1 juta untuk membuat kartu nama, menjadi member berbayar di website properti terpercaya. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan biaya untuk mendapatkan wawasan luas. Seperti mengikuti kursus dan seminar.

4.Membangun Portofolio

Untuk bisa membuat portfolio yang baik bisa dengan mencari mentor dan menggunakan jaringan pribadi. Dengan adanya mentor mempermudah dalam melakukan proses jual beli property dan mendapatkan klien. Anda juga bisa menawarkan jasa ke saudara dan orang terdekat Anda.

5.Aktif di Media Sosial

Menjadi agen property harus bisa memanfaatkan media sosial dengan baik. Seperti memasarkan listing property Anda melalui Facebook, Twitter, dan sebagainya. Anda juga harus memanfaatkan follower Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.

Leave a Reply