• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Pengertian Investasi Properti – Saat ini banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih. Investasi sendiri dibagi menjadi 2 yakni Investasi Aset Riil dan Investasi Aset Finansial. Namun, yang akan kita bahas saat ini adalah Investasi Properti.

Investasi properti masih menjadi incaran banyak orang. Sebab, nilai jual property yang tetap stabil dan naik setiap tahunnya. Tidak hanya itu saja, banyak orang yang mengklaim bahwa investasi ini minim risiko dibandingkan investasi lainnya.

Anda tertarik dengan investasi property? Simak penjelasan mengenai investasi property pada artikel ini, yuk!

Pengertian Investasi Properti

Properti merupakan istilah kepemilikan seseorang atau badan usaha atas suatu hak. Sedangkan investasi merupakan upaya penempatan modal pada jenis asset selama beberapa waktu tertentu yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan.

Investasi property adalah kegiatan penempatan modal pada pengembangan property dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai investasi di kemudian hari.Investasi ini berkaitan dengan asset tanah dan bangunan.

Selain investasi property, juga ada bisnis property yang merupakan kegiatan transaksi jual beli dan barang berbaiktan dengan property. Bedanya, risiko bisnis property lebih besar dibandingkan dengan investasi property. Namun, keuntungannya jauh lebih besar bisnis property. Oleh karena itu, bisnis property lebih digemari di pasaran.

Jenis Investasi Properti

1. Investasi Lahan

Investasi lahan berkaitan dengan jual beli tanah kosong, tanah bangunan, dan tanah kavling. Investasi ini bercapital gain tinggi sekitar 20-25%. Namun, capital gain ini tergantung pada lokasi lahannya. Keuntungan didapat dari harga jual lahan yang dikembangkan baik dibangun property atau dibuat tanah kavling. Investasi ini bisa dijadikan untuk pengamanan harta atau uang, karena memiliki risiko yang rendah.

2. Investasi Bangunan Perkantoran

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengerti akan invetasi ini. Tapi, banyak orang yang mengklaim bahwa investasi ini memiliki keuntungan yang besar. Karena, perkantoran jelas menghasilkan uang dan lokasinyapun strategis, mudah sekali dilirik oleh para investor. Sayangnya, investasi ini lajunya diperngaruhi oleh ekonomi yang sedang terjadi.

3. Investasi Properti Sewa

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari menyewakan property yang dimiliki. Anda akan mendapatkan keuntungan secara berkala tanpa mengeluarkan banyak waktu dan tenaga. Properti yang bisa Anda sewakan seperti rumah, apartemen, ruko dan kos-kosan per tahunnya. Investasi ini termasuk investasi jangka Panjang.

Untuk berinvestasi ini, Anda harus memilih lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat kota. Namun, kamu perlu mengelola dan merawat property sewa dengan baik.

Keuntungan Investasi Properti

1. Harga Terus Naik

Harga property ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Sebab, angka pertumbuhan penduduk juga terus meningkat. Jadi, pembangunan tempat tinggal akan meningkat kedepannya.

2. Harga Jual berada di tangan Pemilik

Harga jual ditentukan oleh pemilik asset, meskipun harga pasaran memang sudah ada. Harga ini disesuaikan dengan kebutuhan pemilik asset. Investasi ini bisa dicoba oleh investor pemula.

3. Menjadi Kesejahteraan Keluarga

Dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi belum tentu ketersediaan property imbang nantinya. Akan ada saatnya keluarga kita akan merasa kesulitan untuk memiliki asset property. Nah, kitalah yang harus membantu dengan berinvestasi property.

Inilah penjelasan mengenai pengertian investasi properti. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply