• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Rekomendasi Pohon Peneduh – Tak hanya desain dan perabot rumah yang dapat membuat rumah terasa nyaman, sebenarnya ada satu hal lain yang bisa membuat rumah terasa nyaman, yaitu area hijau di luar rumah. Memiliki pohon peneduh di halaman bisa memberikan hawa sejuk berkat oksigen yang dihasilkan.

Menanam pohon peneduh di pekarangan Anda, bisa menurunkan suhu lingkungan. Hal ini bermanfaat untuk melawan heat wave atau gelombang panas akibat sengatan matahari bersuhu tinggi. Berikut ini beberapa pohon peneduh yang tepat untuk memberikan kesan sejuk pada hunian. Simak ulasan berikut ini!

1. Pohon Mangga

Anda bisa menanam pohon mangga sebagai pohon peneduh. Jika dibiarkan tumbuh dewasa, pohon mangga bisa mencapai tinggi hingga seukuran rumah. Meski Anda akan dimanjakan dengan buah yang manis ketika ranum, pohon mangga juga perlu diperhatikan perawatannya. Pohon ini bisa terserang penyakit dan hama, seperti kepik mangga, hama putih, hingga tungau. Jadi, rawatlah pohon mangga milikmu dengan baik!

2. Pucuk Merah

Pohon peneduh tidak selalu identik daun yang hijau monoton. Namun, jika Anda ingin memberi warna pada area hijau di pekarangan, Anda bisa menanam pohon pucuk merah.

Pohon ini memiliki juluran batang yang melebar sehingga membentuk kanopi rindang yang bikin rumah terasa sejuk. Warna pohon ini pun memiliki daya tarik sendiri. Pohon pucuk merah memiliki rona merah di ujungnya dan akan berubah menjadi kehijauan jika sudah semakin tua.

3. Pohon Palem

Selain sebagai pohon peneduh, pohon palem juga bisa dikategorikan sebagai pohon hias. Bentuknya yang tinggi menjulang memang tidak memiliki begitu banyak cabang, namun tetap bisa memberikan keteduhan. Anda bisa memilih pohon palem raja yang bisa tumbuh hingga 20 meter atau pohon palem putri yang berukuran lebih kecil dan memiliki buah berwarna kemerahan.

4. Pohon Kiara Payung

Pohon ini kerap dijumpai di pinggir jalan. Banyak orang memang menggunakan pohon kiara payung karena daunnya yang memiliki kerapatan yang padat. Tingginya yang sedang juga tidak mengganggu pemandangan, tapi tetap memberi privasi. Tidak hanya sebagai peneduh saja, pohon ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Namun, Anda perlu merawatnya dengan baik agar daun dari pohon ini tidak mudah mengering.

5. Pohon Beringin

Pohon Beringin selalu identik dengan ukurannya yang besar dan jadi peneduh andalan. Namun, untuk memberi kenyamanan tersebut, tidak perlu pohon yang begitu besar. penempatan Beringin dapat dimulai dari pohon kecil. Biarkan tumbuh untuk mendapat hasil maksimal.

Demikianlah beberapa rekomendasi pohon peneduh yang pas untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply