• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Ukuran Kolam Renang Ideal – Berenang menjadi kegiatan yang disukai oleh banyak orang dari berbagai jenjang umur. Sebelum berenang Anda perlu mengenali kedalaman dan ukuran kolam renang tersebut. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran kolam sesuai dengan penggunaan para penggunanya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1.Ukuran Umum

Ukuran kolam renang umum jauh lebih besar dari ukuran kolam renang rumahan. Secara umum, kolam renang untuk publik memiliki lebar dan panjang minimal 5 x 25 meter dengan kedalaman mulai 1-4 meter disesuaikan dengan tujuan pengguna. Oleh karena itu, biasanya kolam renang publik memiliki beberapa petak yang dapat digunakan berdasarkan penggunanya.

2.Ukuran Standar Nasional (SN)

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa ukuran kolam standar yang terbagi dua, yaitu standar nasional dan internasional. Untuk kolam renang standar nasional biasanya dipergunakan untuk sarana pertandingan olahraga akuatik. Ukuran kolam renang standar nasional ini berdasar atas Peraturan Menteri Pemuda Republik Indonesia No.0636/2014.

Spesifikasi Ket
Ukuran resmi 50 m x 21 m
Kedalaman kolam 1,35 m – 3 m
Jumlah lintasan 8
Suhu air 25 – 28°C

3. Standar Internasional

Standar internasional memiliki skala yang lebih lebar. Ada dua dasar yang bisa dipakai, yakni standar Permenpora dan standar FINA atau Federasi Renang Internasional.

Spesifikasi Ket
Ukuran resmi (Menpora) 50 m x 26 m
Ukuran kolam ( aturan FINA) 50 m x 25 m
Kedalaman kolam 3 m
Jumlah lintasan 10
Suhu air 25 – 28°C

4. Pribadi

Mungkin sejak jauh hari sudah bisa dirancang kolam renang di rumah akan bertempat di mana. Halaman belakang, atau halaman depan, atau halaman samping, atau bahkan mengambil posisi di dalam rumah agar lebih privat. Kolam pribadi biasanya sekitar  3 x 7 m, 3 x 8 m, 4 x 10 m, atau 5 x 12 m.

Kedalamannya dapat diciptakan berjenjang pada titik terendah dengan ketinggian 60 cm dan titik tertinggi 2,5 m. Ukuran-ukuran ini sangat cocok dipakai di luar ruang. Sedangkan untuk indoor, akan disesuaikan dengan bagaimana bentuk kolam renang yang diinginkan. Misalnya, Anda bisa membentuknya dengan setengah lingkaran, huruf L, atau persegi, dan seterusnya.

5. Bayi dan anak di rumah

Kolam renang untuk bayi dan anak-anak berukuran lebih kecil, biasanya berbahan dasar karet yang dapat digelembungkan dan dikempeskan (inflatable). Paling kecil memiliki dimensi 80 x 120 cm, dan ukurannya yang sedang adalah 1,5 x 2 m. Jika bayi, mungkin air dengan ketinggian 30 cm akan cukup. Tetapi jika anak-anak yang akan memakai, cakupan ketinggian air sekitar 60 – 80 cm takkan membahayakan selama didampingi.

Demikianlah ukuran kolam renang ideal yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply