• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Cara menggunakan kulkas – Tagihan listrik menjadi momok saat awal bulan tiba, terlebih jika pada bulan sebelumnya Anda terlalu boros menggunakan daya listrik.

Salah satu peralatan rumah tangga yang membutuhkan daya listrik tinggi dan boros listrik adalah kulkas.

Akan tetapi dengan beberapa tips singkat berikut ini Anda dapat tenang menggunakan kulkas tanpa harus takut tagihan listrik membengkak.

Apa saja tipsnya? Simak artikel ini sampai dengan selesai

Cara Menggunakan Kulkas Agar Hemat Listrik

#1 Perhatikan Letak Kulkas

Baca Juga : Cara Membersihkan Jamur Pada Kasur

Letak kulkas mempengaruhi konsumsi listrik, jika letaknya benar ditempat yang memiliki ventilasi cukup baik konsumsi daya akan kecil.

Sedangkan jika kulkas diletakkan di tempat yang minim ventilasi akan mengkonsumsi daya listrik lebih banyak. Karena bagian compressor kulkas tidak dapat melepaskan panas secara maksimal sehingga memicu kinerja kulkas menjadi berat dan boros listrik.

Ada baiknya kulkas ditempatkan di ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang cukup serta jauh dari sumber panas. Seperti kompor, sinar matahari, oven dan lainnya.

#2 Atur Suhu Yang Digunakan

Baca Juga : Jenis Rumput Hias, Cocok Banget Untuk Rumah Minimalismu!

Cara menggunakan kulkas agar agar hemat listrik juga bisa dilakukan dengan mengatur suhu kulkas. Memang tingkat kedinginan suhu yang dibutuhkan sesuai dengan isi yang ada di dalam kulkas.

Untuk suhu normal Anda bisa menggunakan suhu sebesar 4 sampai 5 derajat Celsius sedangkan untuk suhu freezer gunakan suhu maksimal minus 18 derajat Celsius.

Dengan mengatur suhu kulkas secara tepat Anda bisa menghemat konsumsi daya listrik yang digunakan oleh kulkas.

#3 Merawat Kulkas Secara Teratur

Baca Juga : Rekomendasi Desain Kantor Minimalis, Intip Desain No 3, Yuk!

Perawatan kulkas secara teratur dapat menekan konsumsi listrik yang digunakan. Perawatan yang dimaksud adalah secara rutin membersihkan bunga es pada freezer agar kinerja kulkas menjadi optimal.

Membersihkan coil kondensor serta radiator secara berkala juga bisa menjaga kinerja kulkas tetap stabil.

Anda juga perlu mengawasi segel pintu kulkas agar tetap berfungsi dengan baik untuk menekan konsumsi listrik berlebih akibat pintu kulkas yang tidak bisa tertutup rapat.

#4 Memperhatikan Penggunaan Sehari-Hari

Baca Juga : Bahan Alami Penghilang Jerawat pada Wajah dan Tubuh!

Penggunaan kulkas sehari-hari juga perlu mendapatkan perhatian. Contoh saat membuka dan menutup kulkas Kembali pastikan kulkas tertutup rapat. Agar tidak ada udara yang masuk ke dalam kulkas dan membuat kinerja kulkas menjadi lebih berat.

Selain itu, perhatikan suhu makanan yang akan disimpan di dalam kulkas. Pastikan makanan yang akan disimpan sudah dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas agar kulkas awet dan tidak mengkonsumsi listrik terlalu banyak.

Itulah beberapa tips cara menggunakaan kulkas agar hemat listrik yang bisa Anda coba mulai sekarang.

Informasi rumah dijual di Malang klik https://starproperti.com atau hubungi call center 0811 290 3333 untuk informasi hunian terbaru di sekitar kota Malang.

Leave a Reply