• Post author:
  • Reading time:4 mins read

Cara membersihkan jamur – Kasur merupakan alas untuk tidur dan istirahat, kualitas dan kebersihan kasur berperan penting dalam menentukan kualitas tidur.

Kasur yang dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya mampu memberikan kenyamanan istirahat bagi pemiliknya. Begitu juga sebaliknya apapun jenis kasurnya jika tidak dirawat dan dijaga kebersihannya tentu akan memberikan rasa tidak nyaman ketika digunakan.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah gangguan jamur pada kasur. Bukan tanpa sebab, berada di wilayah tropis problem jamur memang bisa menyerang siapa saja, termasuk kasur.

Terkadang jamur yang ada pada kasur tidak terpantau sejak dini sehingga jamur terlanjur berkembang biak dan menjadi banyak saat ditemukan. Lantas bagaimana cara membersihkan jamur pada kasur jika terlambat untuk melakukan antisipasi?

Berikut adalah tips cara membersihkan kasur yang bisa Anda coba di rumah.

Cara Membersihkan Jamur Pada Kasur

#1 Gunakan Pelindung

Jangan coba-coba membersihkan kasur tanpa menggunakan pelindung meskipun jamur yang akan dibersihkan masih sedikit. Karena penularan jamur sangat cepat sekali, terutama pada kulit yang sensitif.

Jadi, sebelum memulai membersihkan dan memberantas jamur di kasur Anda pastikan Anda sudah menggunakan pelindung. Pelindung utama adalah kaus tangan untuk mencegah tangan Anda berinteraksi secara langsung dengan jamur.

Gunakan juga kaos lengan panjang untuk melindungi lengan Anda dari spora jamur yang tertiup angin. Jangan lupa gunakan masker agar debu dan jamur tidak terhirup oleh hidung Anda.

#2 Lepaskan Sprai Dengan Perlahan

Langkah selanjutnya Anda bisa melepaskan sprai pada kasur dengan cara perlahan. Kemudian segera bawa sprai tersebut ke mesin cuci atau bak untuk mencuci baju.

Rendam sprei tersebut menggunakan deterjen agar jamur mati, atau jika diperlukan gunakan cairan pemutih yang mengandung klorin untuk membasmi jamur.

Setelah direndam beberapa saat, bisa dilanjutkan dengan mulai mencuci sprai tersebut dan gunakan spinner untuk mengeringkannya. Setelah itu jemur sprei dibawah terik matahari.

#3 Bersihkan Kasur

Anda bisa membersihkan kasur pada area yang terkena jamur dengan cara menggunakan vacum cleaner atau membersihkannya dengan kain yang sudah dicelupkan pada cairan pembersih.

Periksa dengan seksama pada daerah-daerah lipatan kasur, atau pojok kasur agar tidak ada daerah berjamur yang tertinggal.

Proses pembersihan ada baiknya diulangi 2 sampai 3 kali untuk memastikan kasur bersih dari jamur.

#4 Jemur Kasur di Bawah Terik Matahari

Jika di depan atau belakan rumah Anda tersediap tempat yang cukup untuk menjemur kasur, ada baiknya kasur yang selesai dibersihkan di jemur dibawah terik matahari.

Selain itu menjemur kasur secara rutin di bawah terik matahari dapat mencegah dan membunuh kuman, kutu, tungau dan lainnya.

Menjemur kasur juga dapat menjaga ukuran atau dimensi kasur yang sudah lama dijadikan alas tempat tidur.

Bantal dan guling juga dapat Anda jemur bersama kasur, jangan lupa untuk membuka sprai atau bungkus bantal dan guling terlebih dahulu.

Tips Agar Kasur Tidak Berjamur

Berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti agar kasur Anda tidak jamuran

  1. Jangan makan dan minum di atas kasur, karena jika makanan atau minuman tumpah akan menyebabkan jamur. Segera bersihkan tumpahan makanan dan minuman dan keringkan agar jamur tidak datang.
  2. Jaga kelembapan kamar dan kasur dengan cara menggunakan AC atau kipas angin, jika kamar tidur Anda berjendela bukalah jendela kamar tidur Anda pada pagi hari sampai siang hari agar kelembapannya terjaga.
  3. Sesering mungkin pindah atau angkat kasur Anda agar kelembapannya tetap terjaga, bebas jamur dan kuman
  4. Periksa alas kasur yang digunakan, dan bersihkan secara berkala agar benar-benar bebas dari jamur
  5. Jika memang kasur tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama simpan dengan posisi berdiri di ruangan dengan kelembapan yang rendah.

Semoga artikel cara membersihkan jamur pada kasur di atas bermanfaat bagi Anda semua, jangan lupa untuk berkunjung kembali pada lain kesempatan,

Update informasi terbaru seputar properti di kota Malang dan sekitarnya hubungi call center Starproperti di nomor 0811-290-3333

Leave a Reply