• Post author:
  • Reading time:3 mins read

Mengenal Tempered Glass – Setiap material sebuah bangunan perlu diperhatikan semaksimal mungkin untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penghuninya nantinya. Setiap bagian yang ada harus diproduksi dengan memperhatikan aspek keselamatan, seperti kaca. Kaca memiliki banyak fungsi, meskipun pada kenyataannya kaca biasa tidak cukup baik untuk ketahanan benturan. Untuk memberikan keamanan lebih, gunakan kaca tempered karena memiliki ketahanan yang lebih baik.

Keunggulan Kaca Tempered atau Tempered Glass

Banyak orang menganggap konstruksi bangunan sebagai salah satu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Terkadang orang suka lupa bahwa bangunan harus dibangun sedemikian rupa agar dapat berdiri dengan aman tanpa menyakiti orang.

Ada banyak komponen berbeda yang dapat Anda terapkan pada sebuah bangunan, salah satu adalah kaca. Kaca pada sebuah bangunan atau rumah memiliki fungsi agar sinar matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam ruangan.

Selain memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih baik daripada kaca biasa, kaca temper juga dapat pecah m menjadi potongan-potongan kecil yang aman saat terkena tekanan atau benturan yang berat, daripada potongan-potongan besar yang berbahaya.

Salah satu keunggulan kaca tempered atau tempered glass adalah ketahanannya yang terbukti tahan terhadap efek goresan, kerusakan akibat penggunaan yang tidak hati-hati, dan efek waktu.

Jenis-Jenis Kaca Tempered atau Tempered Glass

Berikut adalah beberapa jenis kaca tempered yang harus Anda ketahui:

1. Kaca tempered transparan

Pertama ada kaca tempered bening. Kaca ini hampir sama dengan kaca biasa. Kaca juga sengaja dibuat bening, agar lebih mudah diaplikasikan pada berbagai objek atau kebutuhan arsitektural yang berbeda. Misalnya, kaca jenis ini dapat digunakan sebagai kaca langkan di tepinya untuk melindungi apa pun agar tidak jatuh ke lantai dasar.

2. Kaca tempered yang dilaminasi

Selanjutnya ada kaca tempered laminasi. Kaca ini sedikit berbeda dengan kaca tempered lainnya karena sudah memiliki lapisan laminasi yang menempel pada salah satu atau kedua bagian kaca. Peran laminasi menjadikan jenis kaca ini mempunyai ketebalan dan berat yang jauh lebih tinggi daripada kaca biasa pada umumnya.

3. Kaca tempered reflektif

Menginginkan privasi yang lebih? Anda bisa menggunakan kaca tempered reflektif,memiliki permukaan seperti cermin yang memantulkan pantulan dengan baik. Kaca ini sangat aman digunakan sebagai cermin karena jika cermin jatuh, pecahannya tidak akan merugikan orang lain.

4. Kaca tempered berwarna

Jika Anda tinggal di daerah yang panas maka Anda akan membutuhkan kaca tempered berwarna sebagai solusi utama Anda. Kaca ini sudah dilapisi film tipis dan sudah berwarna. Peran warna adalah untuk mengurangi jumlah panas matahari yang masuk ke dalam ruangan, membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

5. Kaca tempered buram

Untuk aplikasi yang lebih privasi, kaca tempered buram dapat digunakan selain kaca temper reflektif. Memiliki permukaan yang kasar. Kaca ini sangat efektif dalam menjaga privasi rumah Anda.

Demikianlah artikel mengenal tempered glass mulai dari kegunaan dan jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply